Sunday, December 15, 2013

MAKANAN UNTUK KESEHATAN PERUT

Perempuan paling rentan terkena gangguan pencernaan dalam studi yang dilakukan peningkatan penderita kanker usus di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini berhubungan dengan pola makan dan buang air besar yang tidak teratur. Gangguan cerna seperti kontipasi yaitu sulit buang air besar sering dialami oleh wanita. Makanan berikut dapat membantu anda dalam melancarkan pencernaan yaitu makanan tinggi serat. Mengkonsumsi makanan tinggi serat karena kebanyakan orang  tidak mendapatkan cukup serat sehingga berpotensi menimbulkan masalah pencernaan seperti sembelit. Untuk usus yang sehat, Anda memerlukan serat darii roti gandum, beras merah, buah, sayuran dan kacang-kacangan. Beberapa orang tidak dapat mencerna sereal atau biji-bijian dengan baik sehingga bisa menambah konsumsi buah dan sayuran untuk mencukupi kebutuhan serat.


Selain itu anda diharuskan memperbanyak cairan. Memperbanyak konsumsi air putih sangat baik untuk pencernaan anda. Hal ini mendorong berjalannya limbah melalui sistem pencernaan Anda dan membantu melembutkan tinja. Serat bertindak seperti spons, menyerap air, dan tanpa cairan serat tidak dapat melakukan tugasnya dan Anda berpotensi sembelit. Makanan yang mengandung probiotik baik untuk kesehatan pencernaan anda. Probiotik disebut dengan bakteri baik yang juga terjadi secara alami dalam usus dan yang telah dikaitkan dengan segala macam manfaat kesehatan, termasuk membantu sindrom iritasi usus dan diare. Anda dapat memilih suplemen probiotik atau dengan membiasaan mengkonsumsi yoghurt, yang mengandung probiotik yang baik untuk membantu pencernaan anda. Menjaga kesehatan pencernaan salah satunya adalah faktor dari makanan yang anda konsumsi. Oleh karena itu selektif dalam memilih makanan agar pencernaan anda senantiasa terjaga.


Waspada makanan berikut yang akan menggangu pencernaan anda:
Makanan berlemak, seperti keripik, burger dan makanan yang digoreng, lebih sulit untuk dicerna dan dapat menyebabkan sakit perut dan mulas. Mengurangi konsumsi minyak dari makanan yang digoreng akan memudahkan beban kerja perut anda.
2.  Makanan yang mengandung tinggi rempah-rempah
Banyak orang menyukai makanan pedas karena akan memudahkan pencernaan. Padahal makanan dengan tinggi rempah-rempah termasuk cabe akan memicu mulas dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi bawang merah dan putih juga akan menghambat pencernaan anda. Makanan rempah-rempah lainnya seperti dari jahe apabila terlalu sering dan anda mengalami masalah pencernaan kurang baik untuk kesehatan anda.
3.  Makanan yang mangandung tinggi asam
Makanan asam seperti tomat, jeruk dan minuman soda dapat memicu mulas. Sedangkan untuk sebagian orang kandungan yang terdapat di dalam gandum dan bawang dapat menyebabkan sindrom iritasi usus besar, begitu juga dengan gula dalam susu bila anda mempunyai masalah dalam mencerna laktosa.
4.  Minuman yang mengandung kafein
Minuman dengan kafein, seperti kopi, cola, teh dan beberapa minuman bersoda, meningkatkan asam dalam lambung menyebabkan mulas. Minuman bersoda pada umumnya cenderung mengganggu kesehatan pencernaan terutapi rasa tidak nyaman pada perut dan menimbulkan mulas.  
Pilihlah minuman yang tidak bersoda dan tidak mengandung kafein, seperti teh herbal, susu dan air putih. Jika Anda tidak dapat melakukan tanpa kopi, anda dapat membatasi asupan untuk satu atau dua cangkir sehari. Apabila anda mengalami masalah pencernaan yang parah sebaiknya konsultasikan dengan dokter segera untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.


Sumber : Makanan Untuk Kesehatan Pencernaan http://bidanku.com/makanan-untuk-kesehatan-pencernaan#ixzz2nbVitnUD

Wednesday, December 11, 2013

makanan sehat

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dan dijalani untuk mencapai pola hidup sehat, diantaranya adalah konsumsi makanan, olah raga, istirahat, kualitas udara, lingkungan yang sehat, optimis, dan pribadi yang kuat.

Konsumsi Makanan*

Konsumsi makanan yang memenuhi standar kesehatan adalah harus bisa memenuhi kebutuhan tubuh, untuk itu anda harus mengetahui tentang makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Umumnya, banyak yang belum memperhatikan masalah ini. Bahkan banyak makanan yang sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan sangat diminati, seperti makanan yang mengandung pengawet, junkfood, makanan cepat saji/makanan instan. Untuk tips makanan sehat silahkan klik disini.

Olahraga

Olah Raga - Pola Hidup SehatOlahraga adalah kegiatan yang mudah dilakukan tetapi banyak yang mengabaikannya, pada hal olahraga merupakan sumber kesehatan bagi seluruh tubuh. Olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti akan lebih giat, menurunkan tekanan dara tinggi, menguatkan tulang-tulang, meningkatkan HDL(kolesterol yang baik), mencegah kencing manis, menurunkan resiko kanker, mengurangi stress dan depresi, dan juga akan memberikan kebugaran.

Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup akan memberikan bagi tubuh kita yang letih untuk memulihkan diri dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai.

Menciptakan Udara Yang Bersih

Bagi yang tinggal di kota besar, tinggal di daerah yang terbebas dari polusi hampir tidak mungkin. Walaupun demikian kita harus berusaha meminimalisir hal tersebut, setidaknya tidak menambah buruk kondisi udara. Hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara seperti menanam tanaman di pot disekeling rumah, dan menyisakan lahan untuk ditanami pohon walaupun lahan itu hanya cukup untuk satu pohon.

Menciptakan lingkungan yang sehat

Jika ingin menikmati kesehatan yang optimal maka selayaknya lingkungan harus dipelihara dengan baik. Lingkungan itu adalah termasuk iklim, air, tanah, tumbuh-tumbuhan, dan atmosfir. Memelihara lingkungan dengan baik berarti tidak mengotori lingkungan dengan segala macam kotoran seperti membuang sampah sembarangan, asap rokok, sisa bahan bakar industri, asap dari mobil ataupun pembakaran sampah dll.

Optimis

Tidak ada sesuatupun yang bisa menghalangi langkah seorang yang selalu optimis memandang hidup. Hambatan dan kegagalan bukanlah suatu halangan untuk terus maju, akan tetapi dianggap sebagai pelajaran untuk langkah berikutnya. Bahkan optimisme juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Ini erat kaitanya dengan sistem imun tubuh. Seorang yang optimis akan memandang hidup seperti alunan nada, naik turun mengikuti irama, selalu cerah dan sangat mudah tertawa. Sikap seperti inilah yang mendukung kesehatan secara menyeluruh.

Pribadi Yang Kuat

Pribadi yang kuat juga sangat erat kaitannya dengan kesehatan secara menyeluruh. Pribadi yang kuat berarti mampu mengendalikan keseluruhan aktifitas hidupnya. Ada dua komponen penting berkaitan dengan pengendalian diri. Pertama, pantang mengkonsumsi apapun yang bersifat merusak, seperti tembakau, alkohol, narkoba, makanan yang mengandung pengawet dll. Kedua tidak berlebihan dalam menjalani pola hidup sehat.

*Ada beberapa tips makanan sehat:


Makanan berlemak tinggi sangat beresiko bagi kesehatan, terutama dari mentega, margarine santan dan dari lemak hewan. Labih baik anda mendapatkannya dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Jeroan, otak, kulit ayam dan kuning telur sebaiknya dihindari. Sebaiknya, sebagai sumber protein , anda memilih susu rendah lemak, yogurt, susu kedelai, ikan dan putih telur. Tetapi jika anda menyukai daging pilihlah daging tanpa lemak.
Bahan makanan yang megandung pengawet sebaiknya dihindari. Makanan yang mengandung pengawet dlam jangka panjang dapat memicu kanker.
Jadikan air putih sebagai minuman favorit. Kondisikan diri anda “anda belum minum jika belum minum air putih”.
Jika anda menyukai makanan yang berwarna-warni, gunakan dari bahan makanan; warna merah dari strawberry, warna hijau dari daun pandan, warna kuning dari kunyit, warna coklat dari bubuk coklat. Jangan berlebihan menambahkan kecap, saus, garam dan penyedap rasa.
Buah-buahan dan sayur-syuran harus selalu ada disetiap menu makanan anda.